Nikmati saja prosesnya ^^

Ketika melingkar ahad lalu.. Ummi membahas mengenai menikmati proses.
Proses hidup yang begitu panjang, kadang menuai ujian dan bumbu kehidupan yang beragam.
Orientasi hasil memang dibolehkan, namun tak dijadikan pembenaran jika prosesnya tak sesuai perintahNya. Jangan jadi hamba oportunis! #upss..


Ada sebagian orang yang mudah stress, ketika cita - cita atau harapannya tak mampu ia gapai. Kenapa? karena orientasi hasil yang berlebihan. Padahal, hasil itu adalah kehendak Allah. Hak prerogatif Allah saja. Dan sebagai seorang hamba, tugas kita adalah berusaha dan berharap mendapatkan yang terbaik. Nah, sebelum itupun bab yang ini juga harus selalu mengiringi sampai final apapun prosesnya. Apa sich? Yaa apalagi kalau bukan "Niat yang lurus, mengharap ridho Allah Yang Maha Segalanya.."

Selain itu, proses yang kita jalani ini tak untuk dilewati begitu saja. Pentas ini.. adalah pentas kesungguhan iman dan islam kita. Sampai dimanakah tingkat kesabaran seorang insan dalam meniti jalan hidupnya? Apakah ia berhasil sampai garis finish, atau malah gagal di garis start..atau melambaikan tangan ke kamera saat di pertengahan?

Jika menelisik kisah Rasulullah dan sahabat, kita bisa mengambil hikmah yang begitu padat. Yakni, hidup mulia atau mati syahid. Ketika hidup, dalam kemuliaan Islam..dan matipun dalam keadaan syahid yang dirindukan. Begitulah hidup yang bahagia, jika semuanya kita gantungkan kepada Allah. Allahu Shomad. Tak kan ada kata menyerah dan kecewa kepada hasil.. karena keyakinan yang melebihi gunung uhud. Bahwa Allah, senantiasa memberikan yang terbaik bagi hamba - hambaNya.
yang berharga adalah proses, bukan hasil.. karena hasil adalah ketetapan Allah.
Ini contoh kecil dari "menikmati proses"..
- Niat kuliah? -> menambah ilmu Allah, bukan title /  jabatan.
- Niat bisnis? -> meraih ridho Allah, bukan mencari kekayaan semata.
- Niat halaqah? -> meraih ridho Allah, bukan untuk mencari jodoh. *lohh

So, kesimpulannya ---> Semua proses, harus dilandaskan karena Allah!

Jaga kejujuran, jaga izzah, jaga iffah, jaga keramahan, dan intinya..jaga dinullah!
"Pahala yang Allah berikan, bukanlah dihitung berdasarkan hasil..tapi proses yang membersamainya.."

Sekian, semoga bermanfaat!

Posting Komentar